Rabu, 12 September 2012

MENTOR BISNIS ONLINE

Temukan Blueprint Rahasia untuk Meraih Ribuan Dollar melalui Affiliate Marketing Bisnis Online - Konsepnya mustinya gampang, tetapi mengapa banyak orang kadang susah juga untuk bisa memperoleh penghasilan full time dari bisnis ini?

Affiliate marketing = hutan belantara” ujar seorang teman yang sempat belajar internet marketing ke saya. “Kok gitu?” ujarku. Dia katakan “Iya karena affiliate marketing itu seperti di sebuah hutan, kita gampang sekali tersesat, salah arah dan akhirnya terjerumus atau terjeblos ke salah satu perangkap” Saya ketawa juga mendengar komentar seperti itu, tetapi dalam hati saya lalu memikirkannya dan setelah saya pikir-pikir memang ada benarnya kata teman saya itu. Pengalaman saya sendiri dalam belajar internet marketing memang menunjukkan bahwa internet marketing itu adalah suatu bidang yang gampang-gampang susah.

Seperti di dalam sebuah hutan belantara, tanpa memiliki guide (penunjuk arah, seperti tour guide) dan alat bantu, kita akan bingung mana arah yang semestinya dituju dan akhirnya cenderung tersesat dan bisa saja masuk ke salah satu jebakan atau perangkap.


Perbedaannya adalah kalau di hutan Anda mungkin hanya seorang diri, tidak tahu siapa yang bisa ditanyain tentang arah yang benar, nah kalau di internet marketing, Anda akan bertemu dengan banyak sekali ‘guide’, ‘guru’ dan ‘alat bantu’ yang semuanya menjanjikan ‘angin surga’ untuk menjadi kaya raya dalam sekejab.
Sudah janji semanis gitu, masih ditambahkan lagi, income masuk terus dengan cuma santai-santai dan tanpa perlu kerja. Betul-betul indah dan menyenangkan untuk didengar ‘angin surga’ ini he..he..
Balik lagi ke ilustrasi hutan belantara. Bayangkan saat Anda bingung tidak tahu arah yang mau dituju, tiba-tiba ada forest guide atau penunjuk arah yang menawarkan akan menuntun Anda jalan keluar dan minta uang jasa sekian juta. Ok Anda setuju karena ingin cepat sampai tujuan. Eh baru jalan seperempat jalan, guide Anda bilang “Kita sudah sampai.
Anda heran “Lho ini kan belum nyampe pak?” Guide Anda bilang “Ongkos tadi cuma bisa membawa Anda sampai disini. Kalau mau sampai tujuan, perlu bayar sekian juta lagi.” Bagaimana perasaan Anda saat itu? Mau bilang gak, ini di tengah hutan. Karena gak ada pilihan terpaksa bayar lagi agar bisa benar-benar sampai. Tapi dalam hati Anda jengkel, mangkel dan merasa tertipu.
Hal itulah yang juga sering terjadi di internet marketing. Anda dijanjikan oleh sebuah ebook, sebuah course atau sebuah conference dengan banyak pembicara top dari luar negeri untuk bisa memperoleh penghasilan ribuan atau bahkan puluhan ribu dollar dalam sebulan dengan cara yang sangat mudah.

Anda tertarik dan mengikutinya hanya untuk mengetahui bahwa Anda hanya dipandu sampai seperempat jalan atau bahkan sekian langkah awal. Untuk bisa sampai tujuan atau yang dijanjikan harus bayar lagi sekian juta. Anda memang dapat semangat dan inspirasi dari event tersebut tetapi Anda tidak punya peta detil atau blueprint yang bisa dilakukan. Untuk apa cuma dapat semangat dan inspirasi tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan? Anda hadir di event Internet Marketing, bukan event Seminar Motivasi bukan?
Saat kami mendengar sharing cerita dari teman-teman yang mengalami pengalaman tersebut, kami hanya bisa prihatin. Ketidak-tahuan mereka tentang industri internet marketing yang memang sebuah hutan belantara membuat pengharapan mereka menjadi tidak realistis dan seringkali dimanfaatkan oleh orang lain. Anda jadi merasa tidak tahu siapa yang bisa dipercaya.

Mentor adalah seseorang yang bisa melihat dan mengetahui dimana posisi Anda berdiri sekarang, menjelaskan alternatif jalan yang ada, membantu Anda mengambil keputusan yang terbaik bagi diri Anda sendiri, memberikan blueprint/peta detil untuk menuju tempat yang ingin Anda tuju dan lalu membimbing Anda langkah demi langkah dalam proses perjalanan tersebut. Mentor juga seringkali memberikan motivasi dan semangat jika Anda mengalami tantangan dalam perjalanan tersebut.

Kami mendidik pemula di internet marketing agar memiliki mindset yang benar terlebih dahulu karena ini adalah sebuah bisnis. Karena ini sebuah bisnis, ada komitmen uang, waktu dan usaha disana. Anda tidak akan menemui seseorang yang memulai bisnis tapi berharap tidak usah bekerja, berharap hanya duduk-duduk santai dan penghasilan mengalir terus. Jadi mengapa Anda berpikir internet marketing yang juga sebuah bisnis ada hal seperti itu?

Internet marketing adalah suatu industri yang sangat besar sehingga wajar jika Anda mengalami kebingungan dalam menentukan arah. Itulah sebabnya di bisnis ini Anda membutuhkan seorang mentor. Mentor lebih dari sekedar guide atau penunjuk arah. Mentor lebih dari sekedar guru yang menjelaskan suatu ilmu atau pengetahuan.

Mentor juga tahu mana informasi yang perlu dijelaskan, mana yang tidak perlu. Mentor tidak ingin Anda mengalami information overload yaitu Anda diberi informasi terlalu banyak sehingga overload dan akhirnya bingung. Hanya satu hal yang bisa dilakukan oleh orang yang bingung yaitu TIDAK MELAKUKAN APA-APA!

Tetapi betapa hebat dan pentingnya seorang mentor, mentor bukanlah seorang malaikat ataupun tukang sulap/ilusionis yang bisa merubah nasib Anda! Baca definisi diatas lagi. Mentor melakukan tugas membimbing dan mengarahkan tetapi yang melakukan perjalanan adalah Anda sendiri!

Tanpa bimbingan seorang mentor yang baik (kami berharap kami termasuk mentor yang baik, internet marketing memang sebuah hutan belantara yang bisa membuat Anda tersesat dan mungkin saja ‘dimakan’ oleh singa kelaparan yang Anda temui. Kami tidak ingin pengalaman menyakitkan dari orang lain ini terjadi pada diri Anda. Kami ingin membantu Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar